Sejarah Desa Balongmojo

Sejarah Desa Balongmojo
Desa Balongmojo termasuk wilayah Kerajaan Mojopahit. Kata “Balong” yang artinya tanah yang rendah dan kata “Mojo” adalah sebuah tanaman, jadi Balongmojo artinya tanaman yang terletak di daerah yang rendah.
Adapun pemimpin Desa yang pertama adalah Bapak H. Mustofa, dilanjutkan oleh Bapak Djojodihardjo, kemudian Bapak H. Abdul Rohim, Bapak Zunaidi, Bapak H. Catur Muji Santoso dan sekarang Bapak A. Muslik.
Sejak Tahun 1946-1989 Pemerintahan Desa Balongmojo di pimpin oleh seorang Lurah dengan dibantu oleh beberapa Perangkat Desa (Pamong Desa) yang terdiri dari : Carik (Sekdes), Petinggi, Kepetengan, Kepolo dan Bayan. Semenjak tahun 1980 ada perubahan struktur yaitu : Kepala Desa, dibantu oleh Perangkatnya yang terdiri dari : Sekdes, Para Kaur Desa, dan Kepala Dusun.
1. Tahun 19
1. Tahun 1942 -1989 Kepala Desa Bapak Djoyodihardjo
2. Tahun 1989 – 1997 Kepala Desa Bapak H. Abdul Rohim
3. Tahun 1997 – 2013 Kepala Desa Bapak Zunaidi
4. Tahun 2013 – 2019 Kepala Desa Bapak H. Catur Muji Santoso
5. Tahun 2019 – sekarang Kepala Desa Bapak A. Muslik

2.1.2 Demografi
Desa Balongmojo merupakan desa wilayah daerah dataran rendah yang berada di Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Masyarakat Desa Balongmojo mayoritas bermata pencaharian pertanian, industri kecil dan kerajinan. Posisi Desa Balongmojo tergolong desa yang paling ujung di Kecamatan Puri yang berbatasan dengan Kecamatan Sooko. Jarak dari Pusat Pemerintahan Desa ke Kecamatan Puri ± 4km dan ke Kabupaten Mojokerto ± 5 km. Desa Balongmojo dibagi menjadi 6 dusun, yaitu Dusun Jetak, Dusun Balongwaru, Dusun Soogo, Dusun Karangnongko, Dusun Delik dan Dusun Setoyo. Dari keenam dusun tersebut, masing-masing dusun memiliki sejarah dan asal muasal yang berbeda. Dusun Jetak yang memiliki asal muasal paling tua dibandingkan dengan dusun yang lain. Dengan kearifan lokal para sesepuh pada saat itu keenam dusun tersebut digabung menjadi satu yaitu dengan nama Desa Balongmojo, berikut ini asal Desa Balongmojo.
Desa Balongmojo adalah salah satu desa di Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, mempunyai luas areal ± 187,21 Ha, dan jarak dari Pusat Pemerintahan Desa ke Kecamatan ± 4 Km dengan batas-batas wilayah sbb:
1. Perbatasan sebelah Timur : Desa Sumolawang, Kec. Puri
2. Perbatasan sebelah Barat : Desa Jampirogo, Kec. Sooko
3. Perbatasan sebelah Selatan : Desa Medali, Kec. Puri
4. Perbatasan sebelah Utara : Desa Banjaragung, Kec. Puri
Mayoritas Masyarakat bermata pencaharian pertanian dan industri kecil. Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan mata pencaharian penduduk adalah tersedianya lapangan pekerjaan yang kurang memadahi dengan perkembangan penduduk sebagaimana tertuang dalam perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Mojokerto.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembangunan desa adalah melakukan usaha perluasan kesempatan kerja dengan melakukan penguatan usaha kecil , pemberian kredit sebagai modal untuk pengembangan usaha khususnya di bidang industri kecil.
Iklim Desa Balongmojo, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Balongmojo Kecamatan Puri.

Photo

Pengunjung

Pengunjung online : 0

Pengunjung hari ini : 11

Pengunjung kemarin : 2

Pengunjung minggu ini : 85

Total Pengunjung : 12456

ban11